Friday, August 2, 2019

RPP Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2019

6:41 AM
Download contoh format perangkat pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2019
Pada kesempatan tulisan ini Admin membagikan file yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar di kelas XI yaitu Rencana Pelaksanaan pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Membantu Bapak dan Ibu Guru yang mengampu sebagai Guru pada jenjang MA MA, Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan file RPP secara lengkap untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. File yang Admin bagikan merupakan revisi kurikulum 2013 untuk Tahun 2019. Dan dalam pembuatan mengikuti Peraturan Menteri No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Buku revisi tahun 2017 dan 2018 untuk Guru BG dan Siswa BS.

Bagi Anda yang merupakan Guru Mapel di jenjang tersebut dan pada saat ini sedang mencari dan membutuhkan perangkat pembelajaran RPP untuk Kelas 11 baik digunakan secara langsung maupun sebagai contoh dalam pembuatan format yang baik dan benar, Anda dapat download pada link dibawah ini untuk kegiatan di semester 1 ganjil dan 2 genap.

Prinsip-prinsip Penyusunan RPP Bahasa Indonesia Kelas XI

Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
b. Partisipasi aktif peserta didik.
c. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Selengkapnya perihal RPP pada mata pelajaran tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh pada link berikut ini:
File Rencana Pelaskanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Lengkap LINK DOWNLOAD

Thanks for reading RPP Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2019

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Buku (24) Administrasi (16) Aplikasi (13) File (9)
RPP (102) Kisi-kisi (9) Materi (7) JUKNIS (6)
Copyright © Administrasi Guru. All rights reserved. Template by CB Blogger