Tuesday, September 3, 2019

Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Silabus, KKM, PROMES, PROTA, SK dan KD

6:55 AM
Secara lengkap dibawah ini Admin akan membagikan kumpulan file perangkat pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar K13 pada jenjang SMP dan MTs di tahun pelajaran 2019-2020. Hadirnya file seperti Silabus, KKM/ KBM, PROMES, PROTA, Analaisis SKL, SK dan KD ini membantu dan memberikan manfaat bagi bapak dan ibu yang sedang mencari perangkat pembelajaran yang lengkap untuk Kelas 9 / IX. Selengkapnya mengenai berbagai file tersebut dapat Anda download dibawah ini :
Download contoh file Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Silabus, KKM, PROMES, PROTA, SK dan KD

Perangkat pembelajaran yang dibagikan yaitu untuk mata pelajaran Matematika pada jenjang SMP dan MTs sesuai dengan materi pada Guru dan Siswa edisi revisi tahun 2017 dan 2018 dari Kemendikbud. Selain itu juga perangkat pembelajaran ini telah terintegrasi PPK, Literasi, Pembelajaran Abad 21 4C dan HOT sesuai Permendikbud.:
Pengertian dan fungsi RPP :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran (Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013).

Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sebagai langkah awal dari proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan efisien dalam rangka mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. RPP disusun berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Penyusunan RPP ini dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.

Pengertian dan fungsi silabus :
silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Pengertian dan fungsi Prota :
Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Atau dengan kata lain, Prota adalah merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program Tahunan tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Pengertian dan fungsi Promes :
Program Semester (Promes) adalah merupakan penjabaran dari program tahunan yang berisi hal-hal yang ingin dicapai pada semester tersebut. Program semester (Promes) adalah rumusan kegiatan belajar mengajar untuk satu semester yang kegiatannya dibuat berdasarkan pertimbangan alokasi waktu yang tersedia, jumlah pokok bahasan yang ada dalam semester tersebut dan frekuensi ujian yang disesuaikan dengan kalender pendidikan. Promes akan mempermudah guru dalam alokasi waktu mengajarkan materi yang harus dicapai dalam semester tersebut.

Pengertian dan fungsi KKM/KBM:
KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada standar kompetensi kelulusan, dengan mempertimbangkan karekteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. Dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah, sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pembelajaran. 

Pengertian dan fungsi SKL :
Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Adapun Pengertian Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Ruang Lingkup Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Pengertian dan fungsi KI dan KD :
Kompetensi adalah seperangkat kemampuan yang menyangkut sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran (kompetensi dasar). Perolehan kompetensi dalam pembelajaran pada umumnya berlangsung secara berurutan. 

Kompetensi Inti KI adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program. Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas. Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran yang relevan. Setiap mata pelajaran harus tunduk pada kompetensi inti yang telah dirumuskan. Dengan kata lain, semua mata pelajaran yang diajarkan dan dipelajari pada kelas tersebut harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti. Ibaratnya, kompetensi inti merupakan pengikat kompetensi-kompetensi yang harus dihasilkan dengan mempelajari setiap mata pelajaran. Di sini kompetensi inti berperan sebagai integrator horizontal antarmatapelajaran. Dengan pengertian ini, kompetensi inti adalah bebas dari mata pelajaran karena tidak mewakili mata pelajaran tertentu. Kompetensi inti merupakan kebutuhan kompetensi peserta didik, sedangkan mata pelajaran adalah pasokan kompetensi dasar yang akan diserap peserta didik melalui proses pembelajaran yang tepat.

Kompetensi Dasar KD adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, oleh karena itulah maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi.

Download lengkap Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Silabus, KKM, PROMES, PROTA, SK dan KD

Selengkapnya mengenai berbagai kumpulan perangkat pembelajaran tersebut untuk mapel tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh dibawah ini dalam bentuk docx (Ms.Word) dan Pdf :
Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Matematika LINK DOWNLOAD

Catatan: Admin telah mengumpulan berbagai file dan format perangkat pembelajaran dalam satu folder sehingga akan memudahkan bagi Bapak dan Ibu Kelas 9 dalam memiliki file yang lengkap dengan hanya satu kali unduh

Demikian yang dapat Admin bagikan, semoga perangkat pembelajaran yang dibagikan memberikan manfaat dalam kegiatan pembelajaran Kelas IX pada Kurikulum 2013.

Thanks for reading Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Silabus, KKM, PROMES, PROTA, SK dan KD

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Buku (24) Administrasi (16) Aplikasi (13) File (9)
RPP (102) Kisi-kisi (9) Materi (7) JUKNIS (6)
Copyright © Administrasi Guru. All rights reserved. Template by CB Blogger